web tracker

bks

Sirkulasi Darah


Dalam tubuh yang sehat salah satunya dipengaruhi oleh sirkulasi darah yang lancar, sehingga fungsi darah sebagai pengantar nutrisi dan oksigen keseluruh tubuh dapat berjalan baik.
Ada tiga faktor penting yang paling mempengaruhi , Yaitu Jantung ( memompa Aliran Darah ), Pembuluh Darah ( Sebagai Seluruh Aliran Darah ) dan Darah itu sendiri ( Yang Mengangkut Nutrisi Dan Oksigen ).

Jantung yang sehat salah satunya bisa dilihat dari frekuensi denyut, Secara sederhana bisa dilakukan meraba pembuluh darah diatas pergelangan tangan atau pembuluh darah dileher. Dalam kondisi normal denyut jantung ( istirahat) antara 60-100kali per menit yang masih memiliki irama teratur,
Sedangkan indikator pembuluh darah yang sehat salah satunya dapat dilihat dari tekanan normal berkisar antara 100-139/60-89 mmhg, konsentrasi dan memori baik, badan fit dan tidur nyenyak dan lain-lain. Darah sehat adalah bila semua zat yang terkandung dalam kadar yang normal. Misalnya kadar kolesterol kurang dari 200mg/dl, gula darah kurang 200mg/dl atau trigeliserida kurang dari 150mg/dl.
Bila salah satu zat yang terkandung dalam darah melebihi batas normal, yang bisa mempengaruhi kekentalan darah, dan pada akhirnya perendaran darah menjadi tidak lancar. Tugas darah adalah membawa nutrisi dan oksigen keseluruh bagian tubuh juga akan terganggu.
Beberapa contoh gejala-gejala gangguan sirkulasi darah diantaranya sering kesemutan, ujung jari sering mati rasa ( rasa kebas), bangun pagi kepala terasa nggliyeng, leher belakang terasa kaku, susah tidur, jantung sering berdebar dan cepat capek.
Gangguan sirkulasi darah akan berefek negatif bagi kesehatan , bila berlanjut tanpa ada upaya memperbaiki sirkulasi darah bisa mengakibatkan fatal, Misalnya bila suplay darah ke jantung terganggu bisa mengakibatkan serangan jantung, Bila suplai darah ke otak terlambat dapat menyebabkan stroke, Bila suplai darah ke ginjal terganggu bisa mengakibatkan gagal ginjal dan masih banyak lagi.
Menurut dr Michael Reo untuk menjaga agar sirlkulasi darah tetap lancar, diperlukan pola hidup yang sehat, yakni kecukupan asupan gizi, diet yang seimbang, istirahat yang cukup dan olah raga yang teratur, idealnya setiap orang bisa melakukan olah raga minimal tiga kali dalam seminggu dengan durasi antara 45-60 menit.
Selain mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak, tinggi gula, berhenti merokok, cukup air putih, jaga jangan sampai stress dan konsumsi suplemen herbal untuk memperbaiki sirkulasi darah, kenapa dipilih suplemen herbal, karena suplemen herbal tidak menimbulkan efek samping.
Ok selamat hidup sehat dan salam jantung sehat.





Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

 

DAFTAR ISI

banner " alt="Banner" border="0" />
Banner